Danke sehr

Danke sehr
You have a miracle

Jumat, 14 Juni 2013

Permainan Tradisional Rakyat Betawi

Permainan tradisional rakyat betawi diantaranya dampu kapal, cici putri, umpet batu, kakak mia, dan masih banyak lagi. Namun disini saya akan mencoba memperkenalkan permainan tradisional anak betawi yaitu kakak mia. Saya akan menjabarkan cara bermain permainan kakak mia.

Pertama
Pemain dibagi menjadi dua kelompok, kelompok a dan b. Untuk menentukan kelompok, semua pemain harus suit. Pemain yang menang suit, masuk kelompok a dan yang kalah masuk kelompok b.

Kedua
Setelah kelompok dibagi, kedua kelompok berdiri saling berhadapan. Setiap kelompok berdiri sambil bergandengan tangan.

Ketiga
Kelompok a memulai permainan, kelompok a berjalan maju mundur sambil bernyanyi : "kakak mia kakak mia
minta anak barang seorang
kalau dapat kalau dapat
hendak saya suruh berdagang"

Keempat
Setelah kelompok a selesai bernyanyi, bergantian kelompok b berjalan maju mundur, kelompok b bernyanyi : "anak yang mana hendak kau pilih, anak yang mana hendak kau pilih"

Kelima
Kelompok a berjalan maju mundur, kelompok a membalas nyanyian kelompok b. Kelompok a bernyanyi :
"itu yang kecil yang saya pilih
bolehlah dia menjual pensil"

Keenam
Salah satu anak dari kelompok b keluar dari barisan, ia bergabung dengan kelompok a. Ia keluar dari barisan sambil bernyanyi:
"pensil pensil siapa beli
pensil pensil siapa beli"

Sekian.

Seperti itulah permainan kakak mia dimainkan oleh anak betawi, namun sekarang jarang sekali dimainkan, karena dianggap kuno. Padahal permainan itu dapat menambah keakraban sesama teman, daripada permainan jaman sekarang, sekarang anak-anak mainannya adalah PS dan sejenisnya. Marilah kita bangkitkan lagi permainan tradisional, jangan sampai dilupakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar