Sebelum kita masuk kemasalah yang
akan kita bahas, akan lebih baiknya kita menelusuri apa yang diinginkan oleh
masyarakat. Apakah pelayanan yang ramah? Diskon pada barang-barang tertentu?
Tempat yang nyaman? Ataukah fasilitas yang lengkap? Tentu saja masyarakat membutuhkan
itu semua untuk memenuhi kepuasaan mereka. Dalam teori ekonomi, disebutkan
bahwa tingkat kepuasaan kita tidak terbatas sampai titik tertentu. Jadi sebisa
mungkin koperasi memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka.
Jika koperasi bisa memuaskan
pelanggannya, maka koperasi tidak perlu khawatir lagi akan hal itu. Masyarakat
dengan sendirinya akan memilih koperasi dalam rangka memenuhi kebutuhan. Di
dalam benak masyarakat hanya ada koperasi yang selalu bisa menarik hati
pelanggan.
Walaupun koperasi milik pemerintah,
jangan sampai koperasi berleha-leha, tidak bertindak untuk menarik pelanggan.
Jangan hanya mengandalkan pemerintah yang akan berfikir keras agar masyarakat
terus percaya pada koperasi, dan tidak berpindah kelembaga lain.
Koperasi sebagai salah satu lembaga
yang posisinya cukup diperhitungkan dalam perekonomian Indonesia juga harus
bisa memanfaatkan dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi, pemanfaatan
fasilitas dunia maya ini juga bisa dijadikan media pembujuk yang baik kepada
masyarakat. Tidak terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media
oleh koperasi untuk publikasi, contoh kecilnya dengan banyaknya situs jejaring
sosial semacam facebook dan twitter. Situs jejaring sosial demikian seharusnya
bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi-koperasi di Indonesia untuk
lebih menggencarkan aktivitas koperasi.
Mensosialisaikan koperasi pada
masyarakat agar masyarakat tertarik pada koperasi yang paling efektif adalah
dengan menggunakan sosial media internet tersebut. Itu merupakan cara
sosialisasi yang sangat efektif, dari segi waktu, uang dan tenaga. Buat satu
blog, akun facebook, atau akun twitter, yang banyak penggunanya, sehingga
dengan mudah bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Dengan membuat blog
tersebut, koperasi dapat mempost apa-apa saja yang terdapat dalam koperasi,
menjelaskan koperasi tersebut seperti apa, memperkenalkan koperasi dengan
mendalam. Dengan menggunakan bahasa yang menarik dan tampilan yang menarik maka
akan menarik pembaca untuk membacanya, dan dapat mengetahui isi dalam blog
tersebut. Akun facebook dan twitter, bisa menarik anggota-anggota untuk menjadi
sebagian dari koperasi. Infokan kepada anggota hal-hal yang menarik yang bisa
mereka peroleh dari koperasi.
Bisa juga dengan membagikan brosur,
pamflet atau semacamnya yang bisa memperkenalkan koperasi lebih mendalam,
berikan janji-janji menarik seperti diskon setiap pembelian barang tertentu.
Dalam hasil survey masyarakat Indonesia senang dengan yang namanya janji.
Berikan pelayanan yang sangat memuasakan terhadap masyarakat.
Agar masyarakat lebih tertarik lagi
pada koperasi, koperasi tersebut sebaiknya membuat program-program baru yang
menambah minat masyarakat. Selain itu, pengurus-pengurus koperasi pun
memberikan jaminan penuh kepada calon anggota, sehingga calon anggota dapat
tertarik untuk menjadi anggota dan mengikuti kegiatan koperasi, yang membuat
koperasi menjadi terlihat hidup.
Dalam mensosialisasikan koperasi,
koperasi juga dapat membuat tim yang bertugas untuk membuat program dalam hal
mensosialisasikan koperasi secara menarik, yang dapat menarik minat masyarakat
dalam hal menjadi anggota atau mempercayakan koperasi dalam hal memenuhi
kebutuhan mereka. Karena menganggap koperasi yang terbaik.
Koperasi pula dapat membuat
seminar-seminar tentang koperasi. Dengan begitu koperasi dapat menyebarluaskan
koperasi dengan terbuka. Membuat koperasi tersebut di setiap kampus-kampus.
Karena tanpa disadari mahasiswa memiliki keingin tahuan yang tinggi, mahasiwa
juga memiliki ide-ide cemerlang dalam
hal menarik minat masyarakat, yang mungkin bisa diaplikasikan didunia koperasi,
dengan mengikuti seminar tersebut, mahasiswa dengan mudah dapat menambah
inspirasinya. Dan mahasiswa berpotensi penuh yang nantinya akan meneruskan
generasi sekarang. Bisa juga membuat seminar-seminar di Sekolah Menengah Atas,
Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Dasar sehingga sejak dini mereka para
gerenasi muda bangsa kita ini dapat mengenal koperasi dan bisa tertarik untuk
bergabung bersama koperasi untuk kedepannya dan membantu kemajuan koperasi
nantinya.
Menjanjikan Sisa Hasil Usaha (SHU)
kepada anggota-anggota yang bergabung ke dalam koperasi. SHU dapat dikatakan
pembagian hasil dari usaha yang dibangun bersama oleh koperasi dan para
anggotanya. Dan pada akhir tahun atau hari raya besar, akan dibagikan kepada
anggota-anggotanya, yang menanamkan modalnya pada usaha yang dibangun tersebut.
Dengan bunga yang telah disepakati bersama oleh semuanya. Jadi, dengan SHU
tersebut, dapat menarik masyarakat untuk menanamkan modalnya pada koperasi,
agar semuanya dapat terwujud, dan masyarakatpun akan mendapatkan untung yang
memuaskan. Itu semua bisa menjadi tambahan penghasilan masyarakat selain kerja
pokok yang mereka jalani. Mereka pun bisa lebih mandiri.
Banyak di desa-desa yang sudah
memulai mensosialisasikan koperasi pada warganya . Tujuannya adalah untuk
memberikan wadah kepada warga terdampak dalam menangkap peluang usaha sehingga
dapat mendorong perekonomian warga. Pemerintah hanya memfasilitasi
keinginan masyarakat dalam mewujudkan keinginan-keinginan masyarakat yang ingin
menjalankan usaha-usahanya. Salah satu cara yang dilakukan di desa adalah
dengan mengadakan seminar kepada para warganya
di dalam seminar tersebut dijelaskan dan memberikan pemahaman tentang koperasi
yang akan dibangun di desa yang tersebut.
Pemerataan adanya koperasi dipedesaan pun sangat perlu dilakukan,
dengan adanya koperasi masyarakat di desa akan sangat terbantu dalam berbagai
aspek yang dibutuhkan oleh masyarakat desa. Yang pertama masyarakat ini akan
sangat terbantu dalam hal pemenuhan bahan baku, karena dikoperasi harga jual
dari suatu barang dagang akan jauh lebih murah. Dan jika ada masyarakat yang
membutuhkan dana dalam bentuk uang tunai bisa meminjam ke koperasi setempat,
karena jika masyarakat meminjam uang di koperasi maka masyarakat tidak harus
membayar bunga yang terlalu besar. Pengadaan koperasi secara merata dipedesaan
dapat menghindarkan masyarakat dari peminjaman uang ke rentenir atau lembaga
yang meminjamkan uang dengan bunga yang terlalu besar dan membuat perkembangan
perekonomian masyarakat pedesaan akan lebih meningkat lagi dan membuat
perekonomian di pedesaan menjadi lancar agar para masyarakat pun tidak takut
membuat suatu usaha walaupun tidak mempunyai modal yang cukup karena bisa
meminjam ke koperasi. Berhubungan dengan hal tersebut maka bisa melatih
masyarakat juga untuk hidup lebih mandiri dengan berwirausaha dan tentunya juga
membuat masyarakat lebih kreatif dalam memilih dan berinovasi dengan apa yang
akan dijualnya dalam berwirausaha.
Di kota juga perlu mensosialisaikan koperasi. Di kota, koperasi tidak
tampak dalam lingkungan masyarakat, sehingga akan lebih berat dalam
mensosialisasikannya. Namun masyarakat di kota itu lebih tanggap dalam
mengaplikasikan sesuatu hal. Jadi jika kita sudah memberikan sosialisasi, maka
dengan mudah, semuanya akan teraplikasi di perkotaan. Berikan seminar-seminar
pada masyarakat umum tentang koperasi dengan sedemikian rupa sehingga koperasi
dapat tersosialisasikan dengan merata kesemua kalangan masyarakat Indonesia.
Kinerja pengurus ditingkatkan untuk membuat seminar-seminar tersebut.
Seminar itu diberikan judul yang unik, agar masyarakat tertarik untuk
berpartisipasi dalam seminar tersebut. Buat acara yang menarik yang tersusun
rapih, sehingga masyarakat tertarik untuk mengikuti seminar tersebut. Berikan
doorprize bagi salah satu peserta seminar jika dapat menjawab pertanyaan yang
diajukan, dengan seperti itu berarti peserta seminar memperhatikan apa yang
disajikan oleh narasumber yang menerangkan tentang koperasi. Secara tidak
langsung berarti kita berhasil dalam hal mensosialisasikan koperasi dengan
terarah dan tidak sia-sia.
Membuat program-program baru yang menggelegar dengan memberikan nama
yang unik sehingga dapat menarik perhatian, karena orang-orang sangat senang
dengan sesuatu yang unik, aneh, dan beda dari yang lain. Dengan keunikan
tersebut koperasi dapat terlihat dengan mudah, dan dapat dikenal dengan sesuatu
yang unik itu.
Semoga dengan mensosialisasikan koperasi ini, maka koperasi bisa
mendapatkan anggota yang selalu berada di belakang koperasi dan menjadi
pendorong dan pendukung koperasi kedepannya. Dapat diperhitungkan oleh semua
masyarakat Indonesia. Dan koperasipun akan terus berjaya di dalam maupun di
luar negeri. Marilah kita terus mendukung usaha dalam negeri untuk berkembang,
banggalah dengan usaha negeri sendiri.
Pemerataan adanya koperasi dipedesaan pun sangat perlu dilakukan,
dengan adanya koperasi masyarakat di desa akan sangat terbantu dalam berbagai
aspek yang dibutuhkan oleh masyarakat desa. Yang pertama masyarakat ini akan
sangat terbantu dalam hal pemenuhan bahan baku, karena dikoperasi harga jual
dari suatu barang dagang akan jauh lebih murah. Dan jika ada masyarakat yang
membutuhkan dana dalam bentuk uang tunai bisa meminjam ke koperasi setempat,
karena jika masyarakat meminjam uang di koperasi maka masyarakat tidak harus
membayar bunga yang terlalu besar. Pengadaan koperasi secara merata dipedesaan
dapat menghindarkan masyarakat dari peminjaman uang ke rentenir atau lembaga
yang meminjamkan uang dengan bunga yang terlalu besar dan membuat perkembangan
perekonomian masyarakat pedesaan akan lebih meningkat lagi dan membuat
perekonomian di pedesaan menjadi lancar agar para masyarakat pun tidak takut
membuat suatu usaha walaupun tidak mempunyai modal yang cukup karena bisa
meminjam ke koperasi. Berhubungan dengan hal tersebut maka bisa melatih
masyarakat juga untuk hidup lebih mandiri dengan berwirausaha dan tentunya juga
membuat masyarakat lebih kreatif dalam memilih dan berinovasi dengan apa yang
akan dijualnya dalam berwirausaha.
Di kota juga perlu mensosialisaikan koperasi. Di kota, koperasi tidak
tampak dalam lingkungan masyarakat, sehingga akan lebih berat dalam
mensosialisasikannya. Namun masyarakat di kota itu lebih tanggap dalam
mengaplikasikan sesuatu hal. Jadi jika kita sudah memberikan sosialisasi, maka
dengan mudah, semuanya akan teraplikasi di perkotaan. Berikan seminar-seminar
pada masyarakat umum tentang koperasi dengan sedemikian rupa sehingga koperasi
dapat tersosialisasikan dengan merata kesemua kalangan masyarakat Indonesia.
Kinerja pengurus ditingkatkan untuk membuat seminar-seminar tersebut.
Seminar itu diberikan judul yang unik, agar masyarakat tertarik untuk
berpartisipasi dalam seminar tersebut. Buat acara yang menarik yang tersusun
rapih, sehingga masyarakat tertarik untuk mengikuti seminar tersebut. Berikan
doorprize bagi salah satu peserta seminar jika dapat menjawab pertanyaan yang
diajukan, dengan seperti itu berarti peserta seminar memperhatikan apa yang
disajikan oleh narasumber yang menerangkan tentang koperasi. Secara tidak
langsung berarti kita berhasil dalam hal mensosialisasikan koperasi dengan
terarah dan tidak sia-sia.
Membuat program-program baru yang menggelegar dengan memberikan nama
yang unik sehingga dapat menarik perhatian, karena orang-orang sangat senang
dengan sesuatu yang unik, aneh, dan beda dari yang lain. Dengan keunikan
tersebut koperasi dapat terlihat dengan mudah, dan dapat dikenal dengan sesuatu
yang unik itu.
Semoga dengan mensosialisasikan koperasi ini, maka koperasi bisa
mendapatkan anggota yang selalu berada di belakang koperasi dan menjadi
pendorong dan pendukung koperasi kedepannya. Dapat diperhitungkan oleh semua
masyarakat Indonesia. Dan koperasipun akan terus berjaya di dalam maupun di
luar negeri. Marilah kita terus mendukung usaha dalam negeri untuk berkembang,
banggalah dengan usaha negeri sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar